Tuesday, January 16, 2018

Cara Menghemat Penggunaan Pasir Gumpal dan Makanan Kucing

Hai cat lover ... ingin berhemat pasir dan makanan kucing ? artikel kali ini akan membahas menghemat penggunaan pasir gumpal dan makanan kucing. 


Menyenangkan dapat memelihara pus atau kucing atau kitty. Seharian bersama sibulu lembut serta melihat tingka lucu mereka hingga tingka mereka yang bikin senewen kita. Selain itu kita bisa peluk , membelai dan mengajak bicara mereka saat momen-momen tertentu. 

Banyak suka dan duka kita lewati bersama pus kesayangan kita. Serasa tidak ingin berpisah dengan pus-pus kesayangan kita mati-matian berusaha merawat mereka dengan baik sehingga mereka bisa hidup sehat dan bahagia. 

Hanya cat lover sejati yang dapat melakukan ini semua. Karena cat lover yang sejati melakukan semuanya hanya dengan hati selain tenaga , materi dan pikiran.


Mungkin orang beranggapan memelihara pus cukup hanya ala kadarnya saja. Karena mungkin sebagian orang beranggapan itu hanya binatang namun jangan salah binatang juga di beri Tuhan perasaan dan pikiran. Tapi bagi cat lover sejati pasti akan memikirkan hal sekecil apa pun. Misalnya tempat tinggal yang nyaman bagi pus-pus kesayangannya, kebebasan untuk pus kesayangannya, kebutuhan makan, dan mungkin masih banyak lagi.


Terutama bagi cat lover yang memilik banyak kucing pasti selalu memikirkan untuk kebutuhan kucing-kucing yang lainnya. Sehingga cat lover harus berpikir dan memutar otak untuk berhemat.

Kami ada tips sedikit tentang berhemat makanan dan pasir

1. Berhemat makanan

    Makanan untuk kucing adalah kebutuhan yang sangat penting dan tentunya tidak dapat di tunda-tunda karena menyangkut kehidupan pus. Makanan kucing ada 2 jenis :

MAKANAN KERING


Makanan yang berbentuk kecil-kecil dan berupa biscuit. Tentunya makanan ini lebih awet dan untuk harga tergantung merek dari mulai yang termahal ada juga yang harganya yang paling murah ramah di kantong. Namun semua itu juga bermacam kualitas. Untuk berhemat makanan kering mudah-mudah susah. 

Karena bentuknya yang kering sehingga kita dengan muda memberikan kepada pus tinggal tuang hingga kita tanpa sadar memberikan melampaui ketentuan yang seharusnya tanpa takaran pada hal di bungkus atau kemasan terterah takaran makanan untuk pus dari usia dan berat badannya.


Namun sah-sah saja untuk cat lover bila ingin membebaskan pus-pus kesayangan makan sepuasnya. Karena artikel ini tentang bagai mana berhemat makanan untuk pus. Jadi seharusnya ikuti cara hemat ini ya.....hehehe.


Contoh untuk pus kami yang beratnya  2 kg  takaran makanan kering 45 - 85 gram dalam sehari,  sedangkan berat pus ku yang 4,1 kg takaran makanannya kurang lebih 85 - 100 gram  dalam sehari dan terbukti yang biasanya 8 kg habis dalam waktu 2 minggu untuk jumlah pus 6 dewasa dan 4 dibawah 2 tahun kini habis dalam waktu 3 minggu menurut aku ini adalah penghematan yang sangat signifikan.


Dan untuk pus yang di bawah 1 tahun kita belum bisa berhemat karena di umur ini masih membutuhkan gizi dan masa pertumbuh malah sebaiknya perluh makanan tambahan extra seperti makanan basah dan vitamin jadi untuk itu tidak mungkin kita harus berhemat. Selain itu diharuskan tempat makannya harus selalu terisi makanan karena disaat si pus balita akan makan, makanan selalu tersedia agar pus tidak ada waktu menunda makannya.


MAKANAN BASAH



Makanan basah boleh wajib boleh tidak karena makanan basah akan mengganggu pencernaan pus apabila terlalu sering di konsumsi karena menurut dokter hewan langganan kami apabila makanan basah sering di berikan kepada pus akan mengakibatkan pus cacingan... dan itu terbukti oleh pus kami dan tinja yang lembek. Oleh karena itu sebaiknya makanan basah kadang-kadang saja diberikan. Bila ingin membeli makanan basah lebih hemat yang kemasan kaleng ketimbang yang saset.


Kami dalam penyajiaan makanan basah kami menyiasati dengan mengukus sebentar makan tersebut tujuannya agar makanan pus dalam kondisi mataang agar terhindar dari bakteri dan cacing.


2. Berhemat pasir
    Pasir bisa di bilang kebutuhan ke dua dari makanan  yang tidak bisa ditunda-tunda demi kebersihan tempat tinggal pus dan si pemilik pus. Pasir ada beberapa jenis antaranya adalah :


PASIR GUMPAL

Pasir gumpal ada banyak jenis, ada yang wangi ada juga yang tidak, ada juga yang warnanya abu-abu pekat dan abu-abu muda. Cara kerja pasir gumpal adalah pasir yang menyerap cairan urin kucing, hingga berbentuk gumpalan-gumpalan sebesar kepalan anak kecil.


Untuk berhemat pasir gumpal. Usahakan setiap kali pus pipis langsung di angkat terutama dalam kondisi masih basah. Sebab bila kita biarkan pipis yang tadinya basah akan menyerap ke butiran-butiran pasir gumpal yang masih kering sehingga gumpalan pipis pus yang tadinya kecil bisa menjadi besar. Secara tidak langsung akan mengurangi jumlah pasir gumpal bila itu terjadi setiap hari yang terjadi pasir akan akan cepat habis.


PASIR ZEOLIT


Pasir ini dari awalnya harganya murah pasti ini akan lebih menghemat biaya. Namun pasir zeolit ini tidak praktis dan selain itu bau pesing masih tercium bila kita membiarkan selama beberapa jam.,adalagi kekurangan dari pasir zeolit ini harus di cuci setelah beberapa kali pipis dan di jemur untuk menunggu pasir yang di jemur  kering sehingga harus mempunya cadangan pasir.

Namun  sekali lagi kembali lagi kepada cat lover  itu selera masing-masing.


Untuk berhemat tentang pasir zeloit ada caranya, setiap kali di cuci usahakan pada saat membilas siapkan saringan untuk menampung pasir saat membuang air bilasan. Karena dengan demikian tidak ada lagi pasir yang terbuang.


Semoga tips ini bermanfaat bagi para cat lover yang ingin berhemat untuk kebutuhan pus terutama makanan dan pasir.




Salam :
Sayangi Kitty kamu 
dengan segenap jiwa kamu ya.


 

1 comment: